RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 1.1
1.IDENTITAS
MATA PELAJARAN
Sekolah : SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/satu
Alokasi Waktu : 6 x 40 menit ( 3 x
pertemuan)
2.STANDAR KOMPETENSI :
1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan
bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
3. KOMPETENSI DASAR :
1.1 Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan
yang berlaku dalam masyarakat.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
· Menjelaskan hakekat
norma dengan penuh percaya diri
· Menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat dengan
penuh percaya diri
· Menguraikan
macam-macam norma dengan penuh percaya diri
· membedakan norma
agama dengan norma-norma yang lain dengan percaya
diri,berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatif
5.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
·
menjelaskan pengertian
norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan; Secara Rasa hormat dan perhatian,Tekun Serta
Jujur menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;
Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai
berikut :
· percaya diri berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatif,mandiri,demokrat,santun
dan bertanggung jawab
Pertemuan 2:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
·
menjelaskan
tujuan norma;
·
menguraikan
macam-macam norma.
·
Menerapkan
nilai-nilai dalam sehari-hari
Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai
berikut :
· percaya diri berpikir logis,kritis,kreatif,dan
inovatif,mandiri,demokrat,santun dan bertanggung jawab
6.
MATERI PELAJARAN
Dalam Kehidupan
sehari-hari, setiap orang atau individu senantiasa melakukan interaksi dengan
individu lain lainnya. Jadi setiap manusia, baik sebagai individu atau anggota
masyakat selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dalam interaksi social
tersebut, setiap individu bertindak sesuai dengan kedudukan, status social dan
peran meraka masing-masing. Tindakan manusia dalam interaksi social itu
senantiasa didasari oleh nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.
7.METODE PEMBELAJARAN
Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan, dan diskusi kelas.
8.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Kegiatan Awal
1. Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
2. Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
1) Eksplorasi
§ Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya
pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan. Dapat dipercaya dengan rasa hormat dan perhatian serta Jujur dan tekun
§ Memberikan kesempatan untuk menggali informasi melalui media pelajaran, mengakses
internet, membaca koran, dan sumber lainnya.
2) Elaborasi
§ Menjelaskan hakekat
norma-norma dengan
penuh percaya diri,
§ Memberikan contoh-contoh pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat dengan penuh percaya diri
§ Mendiskusikan macam-macam
norma dengan penuh percaya diri
3) Konfirmasi
§ Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru saat
pembelajaran berlangsung.
§ Guru mengklarifikasi tentang hakikat norma dalam masyarakat.
§ Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi kelas
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
Pertemuan 2
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Kegiatan Awal
1. Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
2. Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
§ Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya
tentang tujuan norma dengan penuh percaya diri
§ Memberikan kesempatan untuk menggalih informasi melalui media
pelajaran,mengakses internet,membaca koran,dan sumber lainnya.
2) Elaborasi
§ Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tujuan norma dengan kreatif dan penuh percaya diri
3) Konfirmasi
§ Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru saat
pembelajaran berlangsung.
§ Guru mengklarifikasi tentang macam-macam norma dan sanksinya
§ Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi kelas
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
3.
Pertemuan III
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Kegiatan Awal
1. Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
2. Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
§
Guru menjelaskan pengertian norma
dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;menguraikan
macam-macam norma.
2) Elaborasi
§ Mengatur kelompok diskusi dengan tertib dan
saling menghargai
§ Meminta siswa mempresentasikan hasil pengamatan penerapan norma di
sekolah dengan penuh percaya diri dan rasa tanggung
jawab
3) Konfirmasi
§ Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru saat
pembelajaran berlangsung.
§ Guru mengklarifikasi dan menyimpulkan pentingnya penerapan norma secara logis.
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
9.
SUMBER BELAJAR
Buku teks, contoh norma, Tokoh
masyarakat,artikel/berita
di media massa, dan lain-lain
Buku Sekolah
Elektronik Bse PKn Kelas VII
A.T Sugeng
Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto, Cholisin, Muchson A.R
10.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat dan Test Sikap
Tes tertulis dilaksanakan setelah proses pembelajaran (Pertemuan 2)
Test Pilihan GANDA :
Berilah tanda silang
(x) pada jawaban yang tepat!
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
soal
|
· Menjelaskan hakekat norma dengan penuh percaya diri
· Menjelaskan
pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat dengan
penuh percaya diri
· Menguraikan
macam-macam norma dengan penuh percaya diri
· membedakan norma
agama dengan norma-norma yang lain dengan percaya
diri,berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatif
|
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
Pilihan
ganda
Uraian
|
1. perbedaan antara
norma adat dan hukum terletak pada….
a.
Sumbernya
b.
Isinya
c.
Sanksinya
d.
Daerah berlakunya
2. Dalam kehidupan
bernegara norma yang paling tegas adalah norma…
a.
Agama
b.
Kesopanan
c.
Kesusilaan
d.
Hukum
3. Ada empat macam
norma,kecuali…
a.
Agama
b.
Kesopanan
c.
Kesusilaan
d.
kepercayaan
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan
tepat!
1. Tuliskan dua contoh yang terdapat dalam setiap norma...
2. Tuliskan perbedaan antara norma hukum dan norma bukan hukum...
|
TEST URAIAN SINGKAT
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat,
dan jelas!
1.
Jelaskan apa yang
dimaksud dengan norma!
2.
Jelaskan apa manfaat norma
bahi kehiudupan manusia dalam pergaulan di masyarakat!
Uraikan macam-macam norma yang ada di masyarakat!
Tes sikap
Tentukan sikap
kamu(setuju/tidak setuju)terhadap daftar butir pertanyaan dalam tabel berikut
ini dengan cara memberikan tanda V dan disertai alasannya.
Butir Pernyataan
|
Tidak Setuju
|
Tidak setuju
|
Alasan
|
1. Diantara norma-norma yang ada makna hukum-lah yang paling penting dalam
kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.
2. Suatu peraturan perlu dipatuhi karena bertujuan untuk mewujudkan ketertiban
dan keadilan
3. Peraturan yang paling baik apabila dapat memenuhi kepentingan pembuat
atau penguasa.
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala SMP ................
...........................
|
|
Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn
IIM ABDUROHIM, S.Pd
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 1.2
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah : SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/satu
Alokasi Waktu : 8 x 40
menit (4 x
pertemuan)
2. STANDAR KOMPETENSI :
1.
Menunjukkan
sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
2. KOMPETENSI DASAR :
1.2
Menjelaskan
hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara
3. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
- Menjelaskan pengertian hukum dengan penuh percaya diri
- Menjelaskan pengertian hukum menurut pendapat ahli hukum dengan penuh percaya diri
- Menjelaskan pembagian hukum menurut sifat,bentuk dan isinya dengan penuh percaya diri
- Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara dengan penuh percaya diri
- Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu Negara dengan penuh percaya diri
- Menunjukan kepatuhan terhadap hukum dalam klehidupan sehari-hari
4.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah
pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
1. Siswa dapat menjelaskan pengertian hukum.
2. Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum
menurut sifatnya.
3. Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum menurut bentuknya.
4. Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum
menurut isinya.
5. Siswa dapat menjelaskan pentingnya norma hukum
dalam kehidupan bernegara.
6. Siswa dapat menjelaskan tujuan dan fungsi
ditetapkannya hukum dalam suatu negara.
Nilai-Nilai PBKB
yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·
Percaya
diri,mandiri,demokratis,patuh pada aturan-aturan sosial komuikatif
5.
MATERI PELAJARAN
- Pengertian dan Ruang Lingkup Hukum
Hukum Petunjuk hidup (perintah-perintah dan
larangan – larangan) yang mengatur tata tertib dalam masyarakat yang seharusnya
ditaati oleh seluruh anggota masyarakat. Oleh karena itu pelanggaran petunjuk
hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan oleh pemerintah/penguasa
- Tujuan Hukum
- Pembagian Hukum
6.
METODE PEMBELAJARAN
Ceramah bervariasi, diskusi, telaah buku,
dan penugasan.
7.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Kegiatan Inti Kajian Pustaka
1)
Eksplorasi
§ Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya
pengertian pengertian hukum dikaitkan dengan perilaku manusia dalam hidup
bermasyarakat. dengan penuh percaya diri
§ Memberikan kesempatan untuk menggali informasi melalui media pelajaran,
mengakses internet, membaca koran, dan sumber lainnya.
2)
Elaborasi
§ Membagi siswa menjadi 8 kelompok
agar kreatif, saling menghargai
§ Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk menelaah penggolongan hukum menurut
fungsinya, bentuknya, serta hukum
menurut isinya melalui kajian pustaka.
§ Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil
telaahannya secara mandiri
§ Kelompok lain diminta untuk menanggapi presentasi tersebut.
3) Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang pemahaman pembagian hukum.
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
2. Pertemuan II
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Pendahuluan
1. Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
2. Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
§ Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya
pembagian hukum menurut bentuknya
§
Memberikan kesempatan
untuk menggali informasi melalui media pelajaran, mengakses internet, membaca
koran, dan sumber lainnya.
2) Elaborasi
§ Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil
diskusinya secara kritis
§ Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut dengan saling menghargai
§ Guru mempasilitasi guru materi yang telah didiskusikan oleh masing-masing kelompok secara jujur dan tanggung jawab
3) Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
- Pertemuan III dan IV
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
§ Guru menjelaskan
pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara percaya
diri
2) Elaborasi
§ Menjelaskan secara logis pelaksanaan
diskusi kelompok
§ Setiap kelompok mempersiapkan laporan hasil pengamatan secara jujur di sekolah tentang pelanggaran terhadap tata tertib sekolah oleh siswa.
§ Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil
pengamatannya dengan penuh tanggung jawab
§ Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut dengan saling menghargai
§ Menjelaskan Disiplin dampak pelanggaran
terhadap tata tertib sekolah .
3) Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok
|
|
|
11.
SUMBER BELAJAR
Buku teks, contoh UU,PP, atau Perda,
artikel/berita di media massa, dan
lain-lain
Buku Sekolah
Elektronik Bse PKn Kelas VII
A.T Sugeng
Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto, Cholisin, Muchson A.R
12.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
soal
|
· Menjelaskan
pengertian hukum dengan penuh percaya diri
· Menjelaskan
pengertian hukum menurut pendapat ahli hokum dengan penuh percaya diri
· Menjelaskan
pembagian hukum menurut sifat,bentuk dan isinya dengan penuh percaya diri
· Menjelaskan
pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara dengan penuh percaya diri
· Menjelaskan tujuan
ditetapkannya hukum dalam suatu Negara dengan penuh
percaya diri
· Menunjukan kepatuhan terhadap hukum dalam klehidupan
sehari-hari
|
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
Pilihan
ganda
Uraian
|
Berilah tanda silang
(x) pada jawaban yang tepat!
1.
Tujuan dari hukum adalah…
a.
Keseimbangan
b.
Keselarasan
c.
Ketertiban
d.
kepastian
2.
hokum yang sedang berlaku pada suatu Negara dan waktu
tertentu adalah…
a.
ius constituendum
b.
ius soli
c.
ius sanguinus
d.
ius constitutum
3.
hokum yang di cita-citakan oleh bangsa Indonesia
adalah…
a.
hukum nasional
b.
system hokum nasional
c.
sub system hokum nasional
d.
sub hokum nasional
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan
tepat!
3.
Jelaskan pengertian hukum!
4.
Mengapa masyarakat memerlukan hukum?
5.
Jelaskan pembagian hukum menurut:
a.
sifatnya
b.
bentuknya
c.
isinya
6.
Jelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam kehidupan
bernegara!
7.
Jelaskan fungsi hukum dalam kehidupan bernegara!
8. Jelaskan 3 ciri bahwa negara Indonesia adalah negara hukum
|
Mengetahui,
Kepala SMP ................
...........................
|
|
.
Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 1.3
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah : SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/satu
Alokasi Waktu : 6 x 40
menit (3 x
pertemuan)
2. STANDAR KOMPETENSI :
1. Menunjukkan sikap
positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,
berbangsa, dan bernegara
3. KOMPETENSI DASAR :
1.3. Menerapkan
norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat,
dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
·
memberikan
contoh penerapan norma kebiasaan,adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat dengan menghargai rasa toleransi
·
menganalisis
akibat yang akan timbul bila tidak menerapkan norma,kebiasaan,adat istiadat
yang berlaku secara mandiri dan bertanggung jawab
5.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah
pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
1. memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah
antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa;
2. memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam
kehidupan keluarga;
3. mendeskripsikan
penerapan norma di lingkungan sekolah;
4. memberikan contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan masyarakat;
5. melaksanakan norma di sekolah.
Nilai-Nilai PBKB
yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·
Menghargai
keberagamaan,mandiri,patuh pada aturan-aturan social,toleransitanggung
jawab,komunikatif
6.
MATERI PELAJARAN
MENERAPKAN NORMA-NORMA, KEBIASAAN, ADAT
ISTIADAT DAN PERATURAN YANG BERLAKU DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA
DAN BERNEGARA
Penerapan norma-norma kebiasaan, adat
istiadat dan peraturan yang berlaku itu pada dasarnya berkaitan dengan
penggunaan hak dan pemenuhan kewajiban antara lain :
1.
Hak dan kewajiban di Rumah
2.
Hak dan Kewajiban di Sekolah
3.
Hak dan Kewajiban di Masyarakat
4.
Hak dan Kewajiban sebagai warga Negara
7.
METODE PEMBELAJARAN
Analisis kasus
Diskusi
8.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Pendahuluan
·
Mengkondisikan siswa
untuk menerima pelajaran
·
Menghubungkan materi
pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1)
Eksplorasi
§ Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dimasyarakat
dengan penuh percaya diri
§ Memberikan kesempatan untuk menggali informasi melalui media pelajaran,
mengakses internet, membaca koran, dan sumber lainnya.
2) Elaborasi
§
Memberikan tugas menulis tentang norma-norma yang berlaku
di lingkungannya sebagai rasa cinta ilmu
§
Diskusi Kelompok tentang norma-norma dan adat istiadat
yang berlaku di masyarakat menumbukan rasa percaya
diri
3) Konfirmasi
§
Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum
diktahui siswa
§
Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan
pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
9.
SUMBER BELAJAR
Buku teks, contoh norma,Tokoh agama, tokoh
adat, Ketua RT/RW,Orang tua
Buku Sekolah
Elektronik Bse PKn Kelas VII
A.T Sugeng
Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto, Cholisin, Muchson A.R
10.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
· memberikan contoh
penerapan norma kebiasaan,adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat dengan menghargai rasa toleransi
· menganalisis
akibat yang akan timbul bila tidak menerapkan norma,kebiasaan,adat istiadat
yang berlaku secara mandiri dan bertanggung jawab
|
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
Pilihan
Ganda
Uraian
|
1.
Dea berusaha untuk hormat kepada orang yang lebih
tua.perilaku Dea merupakan pelaksanaan dari norma…
a.
Agama
b.
Kesopanan
c.
Kesusilaan
d.
Hokum
2.
Menyebrang jalan melalui zebra cross sebaiknya
dilakukan karena…
a.
Ingin dipuji
b.
Takut
c.
Sesuia dengan aturan yang berlaku
d.
terpaksa
copyright 2011, aprizadisc#
Jawablah
pertanyaan ini dengan tepat!
1.
Tuliskan masing-masing satu contoh hak dan kewajiban
kalian dirumah,disekolah,masyarakat dan Negara…
2.
Tuliskan salah satu hokum yang kalian pernah baca di
media cetak(surat kabar,jurnal,majalah,dll)atau kalian lihat di media
elektronik ( TV,internet,dll)…
|
Mengetahui,
Kepala SMP ................
...........................
|
|
.
Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 2.1
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah : ..........................................
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/satu
Alokasi Waktu : 4 x
40menit (2 x
pertemuan)
2. STANDAR KOMPETENSI :
2. Mendeskripskan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
3. KOMPETENSI DASAR :
2.1. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
·
Menguraikan
perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
·
Menjelaskan
arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
·
Menunjukkan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
5.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat :
1.
Menjelaskan
secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi
kemerdekaan.
2.
Menjelaskan
makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
3.
Mendeskripsikaan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
Nilai-Nilai PBKB
yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·
Rasa
nasionalisme,mandiri,demokratis dan bertanggung jawab
6.
MATERI PELAJARAN
MAKNA
PROKLAMASI KEMERDEKAAN
Proklamasi
Kemerdekaan yang dikumandangkan oleh Soekarno – Hatta memiliki makna bahwa
bangsa Indonesia telah menyatakan kepada dunia luar (bangsa-bangsa yang ada di
dunia) maupun kepada bangsa Indonesia sendiri
bahwa sejak saat itu Bangsa Indonesia telah Merdeka.
Pernyataan kepada
dunia luar juga untuk menunjukan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu sudah
merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh Negara-negara lain secara
layak sebagai basa dan Negara lain secara layak sebagai banga dan Negara yang
mempunyai kedudukan yang sama den derajat serta hak dan kewajiban yang sama
dengan bangsa-bangsa lain.
7.
METODE PEMBELAJARAN
Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan.
8.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Pendahuluan
·
Mengkondisikan siswa
untuk menerima pelajaran
·
Menghubungkan materi
pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
§ Guru menjelaskan
pentingnya perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan
dengan penuh percaya diri
2)
Elaborasi
§
Memberikan tugas menulis tentang peristiwa detik-detik
proklamasikemerdekaan sebagai rasa cinta ilmu
§ Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
§ Dengan saling menghargai masing-masing kelompok mendiskusikan masalah tentang peristiwa sekitar proklamasi dan makna proklamasi
bagi bangsa Indonesia
§
Kerjasama dalam kelompok menyajikan hasil
diskusinya dengan penuh percaya diri
3) Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
PERTEMUAN
2
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Pendahuluan
·
Mengkondisikan siswa
untuk menerima pelajaran
·
Menghubungkan materi
pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
KegiatanInti
1) Eksplorasi
§ Guru menjelaskan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
2)
Elaborasi
§
Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan
dilaksanakan, dilanjutkan dengan pembagian kelompok (menjadi 5 kelompok).
§
Dengan
saling menghargai masing-masing kelompok
mendiskusikan masalah yang berkaitan dengan
pewarisan semangat peroklamasi kemerdekaan dengan rasa
nasionalisme
§
Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya,
sementara itu kelompok lain menanggapi dengan saling
menghargai
3) Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
1.
SUMBER BELAJAR
Buku teks, artikel dll
Buku sekolah elektronik BSE PKn Kelas VII
A.T sugeng priyanto,Djaenudin Harun,Anang
priyanto,Cholisin,Muchhson A.R
2.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
· Menguraikan
perjuangan bangsa Indo nesia dalam mencapai kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
· Menjelaskan arti
kemerdekaan bagi suatu bangsa
· Menunjukkan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
|
Tes
lisan
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
Daftar
pertanya-an
Pilihan
ganda
Uraian
|
1.
Berikut ini merupakan contoh positif terhadap makna
proklamasi kemerdekaan…
a. Menunggu printah
dari Negara untuk menyerang Negara musuh
b. Menjadi pengemis
ntuk menyambung hidup
c. Belajar giat guna
memajukan pendidikan bangsa
d. Berani menantang
kebijakan yang lebih populis
2.
Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
adalah…
a. Untuk menjalin
hubungan yang akra di antara suku-suku bangsa yang ada di seluruh pelosok
tanah air
b. Dorongan dan
rangsangan bangsa Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
c. Untuk menunjukan
kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan
berdaulat
d. Perwujudan adanya
bangsa baru dengan Negara baru
Jawablah
pertanyaan ini dengan tepat!
1. Jelaskan
pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.
2. Uraikanlah makna
proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia
|
Test sikap
Berikan tanggapan kalian dengan menjawab angket berikut
ini,dengan memberi tanda silang (X) pada kolom yang sesuai dengan kehendak
kalian.
No.
|
Pertanyaan
|
SS
|
S
|
N
|
TS
|
STS
|
Alasan
|
|
Kita wajib menjaga keutuhan wilayah negara republik
Indonesia
|
|
|
|
|
|
|
|
Kita wajib menghargai dan toleransi atas perbedaan
Keyakinan dan agama sesama bangsa Indonesia sebagai
perwujudan nilai-nilai demokrasi
|
|
|
|
|
|
|
|
Setiap warganegara wajib membeli negara tanpa kecuali
|
|
|
|
|
|
|
|
Kewajibann seluruh siswa sebagai warganegara Indonesia
adalah belajar giat untuk mencapai cita-cita
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui,
Kepala
SMP ................
...........................
|
|
.
Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 2.2
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah : SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/satu
Alokasi Waktu : 4 x 40
menit (2 x
pertemuan)
2. STANDAR KOMPETENSI :
2. Mendeskripskan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
3. KOMPETENSI DASAR :
2.2. Mendeskripsikan suasana
kebatinan konstitusi pertama.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI : copyright
2011, aprizadisc#
·
Mengjelaskan
suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 secara mandiri
·
Menguraikan
hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 secara
mandiri
·
Menganalisis
hubungan proklamasi dengan UUD 1945 secara mandiri
5.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah selesai
proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menjelaskan
dengan singkat suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945;
2. menguraikan
hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945;
3. menguraikan
pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.
Nilai-Nilai PBKB
yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·
Mandiri,demokratis,dan
bertanggung jawab
6.
MATERI PELAJARAN
MENDESKRIPSIKAN SUASANA KEBATINAN KONSTITUSI
PERTAMA
Undang – undang
Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama bangsa Indonesia di dalamnya terdiri dari
tiga bagian, yaitu Bagian Pembukaan, Bagian Batang Tubuh, dan Bagian Penutup
BAGIAN PEMBUKAAN UUD 1945
Merupakan suasana kebatinan dari UUD 1945
(Kinstitusi Pertama), dikarenakan didalamnya terkandung Empat Pokok Pikiran
yang pada hakikatnya merupakan penjelmaan asas kerohanian Negara yaitu
Pancasila
BAGIAN BATANG TUBUH UUD 1945 (16 BAB 37 Pasal)
Memuat pasal-pasal yang menciptakan
pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945. Pokok-pokok
pikiran meliputi suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar Negara Indonesia.
Pokok-pokok pikiran tersebut mewujudkan cita-cita h0kum yang menguasai hukum
dasar Negara, baik hukum yang tertulis maupun hukum tidak tertulis.
BAGIAN PENUTUP
Bagian Penutup UUD 1945 terdiri dari Aturan
Peralihan yang terdiri dari empat pasal dan Aturan Tambahan yang terdiri dari
dua Ayat. Bagian Penutup ini merupakan aturan dasar untuk mengatasi kekosongan
hokum yang ada bagi suatu Negara baru dengan pemerintah baru. Dengan demikian
kehidupan awal bernegara akan dapat berjalan dengan baik.
7.
METODE PEMBELAJARAN
Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan
8.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Pendahuluan
·
Mengkondisikan siswa
untuk menerima pelajaran
·
Menghubungkan materi
pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
§ Guru menjelaskan
pentingnya suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945 secara mandiri
2) Elaborasi
§ Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar (buku, artikel,
naskah pidato) tentang suasana sidang BPUPKI tahun 1945 dan pokok-pokok
pikiran Pembukaan UUD 1945 sebagai rasa cinta ilmu
§ Melakukan simulasi yang menggambarkan suasana sidang BPUPKI , hasil
sidang, dan pokok pikiran pembukaan UUD 1945 dengan penuh
percaya diri
§ Saling menghargai dalam mendiskusikan
bagaimana jalannya simulasi yang telah dilakukan dan memberikan laporan
tertulis dengan tanggung jawab
3) Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman,
memberikan penguatan dan penyimpulan
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
Pertemuan
2
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Pendahuluan
·
Mengkondisikan siswa
untuk menerima pelajaran
·
Menghubungkan materi
pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
§ Guru menjelaskan
pentingnya menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 secara
mandiri
2) Elaborasi
§ Memberikan tugas menulis secara logis tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18
Agustus 1945 sebagai cinta ilmu
§ Siswa secara kreatif diberikan kesempatan
berpikir tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
3) Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Siswa mengerjakan
tugas-tugas individu.
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
9.
SUMBER BELAJAR
Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca
perubahan
Buku sekolah elektronik BSE PKn Kelas VII
A.T sugeng priyanto,Djaenudin Harun,Anang
priyanto,Cholisin,Muchhson A.R
10.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
· Menjelaskan
suasana sidang PPKI tanggal 18-8-1945 secara mandiri
· Menguraikan
hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 secara
mandiri
· Menganalisis
hubungan proklamasi dengan UUD 1945 secara mandiri
|
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
Pilihan
ganda
Uraian
|
1. Proklamasi kemerdekaan RI memiliki arti penting sebagai ….
a. pangkal pelaksanaan pembangunan
disegala bidang
b. titik puncak
perjuangan bangsa
Indonesia melawan penjajahan
c.akhir menangani
suatu masalah
bangsa Indonesia
d.akhir
pelaksanaan hukum
internasional
2.
Sila keberapa yang di permasalhkan dalam sidang PPKI
tanggal 18 Agustus 1945
Pernyataan :
1. pembentukan MPR
2. menetapkan Pancasila dan UUD 1945
3. menetapkan Presiden dan wakil presiden
4. pembentukan KNIP
Dari pernyataan di atas hasil
sidang PPKI 18 Agustus
1945 ditunjukkan nomor ….
a. 1, 2
dan 3 c. 1, 3 dan 4
b. 1, 2
dan 4 d. 2, 3 dan 4
Jawablah
pertanyaan ini dengan tepat!
3.
Jelaskan bagaimana gambaran suasana sidang BPUPKI!
4.
Uraikan bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18
Agustus 1945!
5.
Apa yang di maksud dengan suasana kebatinan UUD 1945 ?
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 2.3
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah : SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/satu
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit (2 x
pertemuan)
2. STANDAR KOMPETENSI :
2. Mendeskripskan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
3. KOMPETENSI DASAR :
2.3. Menganalisis hubungan proklamasi
dengan UUD 1945.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD
pertama secara mandiri
·
Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia dengan penuh rasa cinta kepada tanah air
·
Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945 dengan penuh percaya diri
5.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan
dapat :
1.
menjelaskan
hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945;
2.
menjelaskan hubungan Proklamasi dengan pasal-pasal UUD
1945;
3.
menguraikan
makna setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945.
Nilai-Nilai PBKB
yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·
Mandiri,berpikir
logis,kritis,kreatif,dan inovatif
6.
MATERI PELAJARAN
Proklamasi
Kemerdekaan mempunyai hubungan yang erat, tidak dapat dipisahkan dan merupakan
satu kesatuan dengan UUD 1945 terutama bagian Pembukaan UUD 1945. Proklamasi
Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945 merupakan suatu kesatuan yang bulat. Apa
yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan suatu amanat yang luhur dan
suci dari Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
7.
METODE PEMBELAJARAN
·
Ceramah
bervariasi dan diskusi.
8.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Pendahuluan
·
Mengkondisikan siswa
untuk menerima pelajaran
·
Menghubungkan materi
pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
· Menjelaskan sikap
positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama secara mandiri
· Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa
Indonesia dengan penuh rasa cinta kepada tanah air
· Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan
UUD 1945 dengan penuh percaya diri
2) Elaborasi
§ Melakukan kajian pustaka dengan menelaah hubungan antara Proklamasi dan
Pembukaan UUD 1945 serta menelaah makna alinea Pembukaan UUD 1945.
§ Memberikan tugas menulis secara logis tentang makna proklamasi dan hubungan
antara proklamasi dengan UUD 1945 dengan penuh percaya
diri
§ Membagi siswa menjadi 3 kelompok,
Kelompok 1 Mendiskusikan L :
sikap positif terhadap makna proklamasi
kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama secara
mandiri
Kelompok 2:
makna proklamasi bagi bangsa Indonesia dengan
penuh rasa cinta kepada tanah air
Kelompok 3 :
· hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945
dengan penuh percaya diri
3)
Konfirmasi
§ Guru melakukan klarifikasi atas materi yang dibahas.
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
9.
SUMBER BELAJAR
Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca
perubahan
Dokumenta si berupa poto-poto sidang PPKI
Buku sekolah elektronik BSE PKn Kelas VII
A.T sugeng priyanto,Djaenudin Harun,Anang
priyanto,Cholisin,Muchhson A.R
10.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
· Menunjukkan sikap
positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama secara mandiri
· Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa
Indonesia dengan penuh rasa cinta kepada tanah air
· Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan
UUD 1945 dengan penuh percaya diri
|
Tes
Tertulis
Tes
Tertulis
|
Pilihan ganda
Uraian
|
1.
Contoh sikap positif terhadap nilai-nilai konstitusi
pertama adalah…
a.
Menjunjung tinggi hokum yang berlaku
b.
Berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk
kepentingan partai
c.
Mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan
d.
Bertanding demi ketenaran dan imbala hadiah
2.
Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi bangsa
lain adalah…
a.
Bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka yang
mempunyai kedudukan dan hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain.
b.
Untuk menunjukan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu
sudah merdeka dan berdaulat
c.
Menjalin hubungan yang akrab diantara suku-suku bangsa
yang ada di seluruh pelosok tanah air
d.
PerwujudaN adanya bangsa baru dengan Negara baru yang
mempunyai tanggung jawab yang berat dalam mencapai cita-cita kemerdekaan
Jelaskan hubungan proklamasi kemerdekaan
dengan Pembukaan UUD 1945
Jelaskan makna Pembukaan UUD 1945 alinea
ketiga!
Jelaskan hubungan
antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945!
|
Mengetahui,
Kepala
SMP ................
...........................
|
|
.
Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn
|
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 2.4
1. IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah : SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran : Pendidikan
Kewarganegaraan
Kelas/Semester : VII/satu
Alokasi Waktu : 2 x 40
menit (2 x
pertemuan)
2. STANDAR KOMPETENSI :
2. Mendeskripskan
makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
3. KOMPETENSI DASAR :
2.4. Menunjukkan
sikap positif terhadap makna proklamasi
kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama.
4. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
Memahami dan dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung ......
·
Menunjukkan
sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD
pertama sebagai cinta tanah air
5.
TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah selesai
proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1.menunjukkan sikap
positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan;
2. menunjukkan sikap
positif terhadap pentingnya kemerdekaan;
Nilai-Nilai PBKB
yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
Cinta
tanah air
Pertemuan 2:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
- menunjukkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai ‘45 (semangat perjuangannya);
- Menunjukkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.
Nilai-Nilai PBKB
yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
Cinta
tanah air
6.
MATERI PELAJARAN
SIKAP
POSITIF TERHADAP MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN SUASANA KEBATINAN KONSTITUSI
PERTAMA
Sikap positif
berarti sikap yang mendukung terhadap sesuatu. Sikap positif bukan berarti
sikap penurut, namun lebih dari pada itu yaitu kreatif, kritis, mandiri dan
berani membela kebenaran serta menjungjung tinggi prinsip-prinsip, asas-asas
dan tujuan yang disepakati bersama. Oleh karenanya sikap positif terhadap makna
Proklamasi Kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama adalah kreatif,
kritis mandiri, berani membela kebenaran dan menjungjung tinggi
prinsip-prinsip, asas serta tujuan hidup bernegara sebagimana telah
dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan dan aas kerohanian Pancasila serta
nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945.
7.
METODE PEMBELAJARAN
Ceramah bervariasi dan penugasan.
8.
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Pendahuluan
·
Mengkondisikan siswa
untuk menerima pelajaran
·
Menghubungkan materi
pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1) Eksplorasi
§
Guru menjelaskan kembali secara
singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk mencapai
kemerdekaan.
2) Elaborasi
§
Secara kreatif diberikan tugas individual kepada siswa
untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat
sebagai cinta ilmu
§
Dengan saling menghargai
beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya,
siswa lain menanggapi dengan penuh tanggung jawab
3) Konfirmasi
§
Guru memberikan klarifikasi.
§ Guru meminta
beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan yang
dirasakannya sebagi wujud cinta tanah air.
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
Pertemuan 2
Tahap Pembelajaran
|
Terlaksana
|
|
Ya
|
Tidak
|
|
Pendahuluan
·
Mengkondisikan siswa
untuk menerima pelajaran
·
Menghubungkan materi
pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan
Inti
1) Eksplorasi
§
Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang
nilai-nilai ‘45 dan hubungannya dengan kehidupan masa kini dengan penuh percaya diri
2) Elaborasi
§
Guru membagi siswa dalam 8 kelompok.
§
Dengan saling menghargai
tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai ‘45 dalam
mengisi kemerdekaan.
§
Hasil kerjasama diskusi
beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
§
Kelompok lain menanggapi.
3) Konfirmasi
§
Guru memberikan klarifikasi
Penutup :
·
Secara mandiri
menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang
telah dibahas bersama.
·
Dengan percaya diri menyimpulkan materi
untuk memantapkan pemahanan siswa.
·
Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·
Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.
|
|
|
9.
SUMBER BELAJAR
Buku Sekolah Elektronik
Bse PKn Kelas VII
A.T Sugeng Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto,
Cholisin, Muchson A.R
10.
PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
Indikator
pencapaian
|
Teknik
penilaian
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
||||||||||||||||||||||||||||
· Menunjukkan sikap
positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama
sebagai wujud cinta tanah air
|
Penilaian
diri
Penilaian
antar teman
|
Quesioner
Lembar
penilaian antar teman
|
Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang
sesuai dengan pendapat kalian!
Keterangan:
Ya= sependapat
dengan pernyataan ( skor 1, jika
pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika
pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)
Penialain perilaku melalui pengamatan ( Instrumen terlampir ).
|
Alhamdulillah Jangan lupa untuk ucapan terimakasihnya karena sudah mengkopi paste!
Tidak ada komentar:
Posting Komentar