"hobby to income"

selamat datang di blog ini semoga sajiannya bermanfaat,,, saran dan kritik sangat diharapkan!!!

Selasa, 03 April 2012

rpp pkn berkarakter kls vii sem 1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 1.1
1.IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah                               :  SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                    :  VII/satu
Alokasi Waktu                      :  6 x 40 menit ( 3 x pertemuan)

2.STANDAR KOMPETENSI :   
1.   Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

3.  KOMPETENSI DASAR :
1.1    Mendeskripsikan hakikat norma-norma, kebiasaan, adat istiadat, peraturan yang  berlaku dalam masyarakat.

4.  INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
·      Menjelaskan hakekat norma dengan penuh percaya diri
·      Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat dengan penuh percaya diri
·      Menguraikan macam-macam norma dengan penuh percaya diri
·      membedakan norma agama dengan norma-norma yang lain dengan percaya diri,berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatif

5.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
·      menjelaskan pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan; Secara Rasa hormat dan perhatian,Tekun Serta  Jujur menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;

Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·      percaya diri berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatif,mandiri,demokrat,santun dan bertanggung jawab

Pertemuan 2:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
·      menjelaskan tujuan norma;
·      menguraikan macam-macam norma.
·      Menerapkan nilai-nilai dalam sehari-hari

Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·      percaya diri berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatif,mandiri,demokrat,santun dan bertanggung jawab

6.  MATERI PELAJARAN

Dalam Kehidupan sehari-hari, setiap orang atau individu senantiasa melakukan interaksi dengan individu lain lainnya. Jadi setiap manusia, baik sebagai individu atau anggota masyakat selalu membutuhkan bantuan orang lain. Dalam interaksi social tersebut, setiap individu bertindak sesuai dengan kedudukan, status social dan peran meraka masing-masing. Tindakan manusia dalam interaksi social itu senantiasa didasari oleh nilai dan norma yang berlaku di masyarakat.

7.METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah dengan variasi tanya jawab, analisis, penugasan, dan diskusi kelas.

8.KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1

Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Kegiatan Awal
1. Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
2. Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang

1)   Eksplorasi
§  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya pengertian norma, kebiasaan, adat istiadat, dan peraturan. Dapat dipercaya dengan rasa hormat dan perhatian serta Jujur dan tekun
§  Memberikan kesempatan untuk menggali informasi melalui media pelajaran, mengakses internet, membaca koran, dan sumber lainnya.
2)    Elaborasi
§  Menjelaskan hakekat norma-norma  dengan penuh percaya diri,
§  Memberikan contoh-contoh pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat dengan penuh percaya diri
§  Mendiskusikan macam-macam norma dengan penuh percaya diri
3)    Konfirmasi
§  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru saat pembelajaran berlangsung.
§  Guru mengklarifikasi tentang hakikat norma dalam masyarakat.
§  Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi kelas
Penutup :
·      Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·      Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·      Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.




Pertemuan 2
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Kegiatan Awal
1.     Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
2.     Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang

Kegiatan Inti
1)  Eksplorasi
§  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya tentang tujuan norma dengan penuh percaya diri
§  Memberikan kesempatan untuk menggalih informasi melalui media pelajaran,mengakses internet,membaca koran,dan sumber lainnya.
2)  Elaborasi
§  Melakukan kajian referensi dan mendiskusikan tujuan norma dengan kreatif dan penuh percaya diri
3)  Konfirmasi
§  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru saat pembelajaran berlangsung.
§  Guru mengklarifikasi tentang macam-macam norma dan sanksinya
§  Siswa bersama guru menyimpulkan hasil diskusi kelas
Penutup :
·      Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·      Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·      Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.



3. Pertemuan III
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Kegiatan Awal
1.     Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
2.     Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan  Inti
1)  Eksplorasi
§  Guru menjelaskan pengertian norma dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara;menguraikan macam-macam norma.
2)  Elaborasi
§  Mengatur kelompok diskusi dengan tertib dan saling menghargai
§  Meminta siswa mempresentasikan hasil pengamatan penerapan norma di sekolah dengan penuh percaya diri dan rasa tanggung jawab
3)  Konfirmasi
§  Siswa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh guru saat pembelajaran berlangsung.
§  Guru mengklarifikasi dan menyimpulkan pentingnya penerapan norma secara logis.
Penutup :
·      Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·      Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·      Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.




9.    SUMBER BELAJAR
Buku teks, contoh norma, Tokoh masyarakat,artikel/berita
di media massa,  dan lain-lain
Buku Sekolah Elektronik Bse PKn Kelas VII
A.T Sugeng Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto, Cholisin, Muchson A.R

10.  PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat dan Test Sikap
Tes tertulis dilaksanakan setelah proses pembelajaran (Pertemuan 2)

Test Pilihan GANDA :
Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!
Indikator pencapaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen soal
·    Menjelaskan hakekat norma dengan penuh percaya diri
·   Menjelaskan pentingnya norma dalam kehidupan bermasyarakat dengan penuh percaya diri
·   Menguraikan macam-macam norma dengan penuh percaya diri
·   membedakan norma agama dengan norma-norma yang lain dengan percaya diri,berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatif
Tes Tertulis

















Tes Tertulis



Pilihan ganda

















Uraian



1.  perbedaan antara norma adat dan hukum terletak pada….
           a.        Sumbernya
           b.        Isinya
            c.        Sanksinya
           d.        Daerah berlakunya
2.  Dalam kehidupan bernegara norma yang paling tegas adalah norma…
          a.                         Agama
          b.                         Kesopanan
           c.                         Kesusilaan
          d.                         Hukum

3.  Ada empat macam norma,kecuali…
           a.        Agama
           b.        Kesopanan
            c.        Kesusilaan
           d.        kepercayaan
Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
1.    Tuliskan dua contoh yang terdapat dalam setiap norma...
2.    Tuliskan perbedaan antara norma hukum dan norma bukan hukum...

TEST URAIAN SINGKAT
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas!
1.   Jelaskan apa yang dimaksud dengan norma!
2.   Jelaskan apa manfaat norma bahi kehiudupan manusia dalam pergaulan di masyarakat!
Uraikan macam-macam norma yang ada di masyarakat!

Tes sikap
Tentukan sikap kamu(setuju/tidak setuju)terhadap daftar butir pertanyaan dalam tabel berikut ini dengan cara memberikan tanda V dan disertai alasannya.

Butir Pernyataan
Tidak Setuju
Tidak setuju
Alasan
1.  Diantara norma-norma yang ada makna hukum-lah yang paling penting dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara.
2.  Suatu peraturan perlu dipatuhi karena bertujuan untuk mewujudkan ketertiban dan keadilan
3.  Peraturan yang paling baik apabila dapat memenuhi kepentingan pembuat atau penguasa.
























Mengetahui,
Kepala SMP ................




                ...........................

Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn



              IIM ABDUROHIM, S.Pd




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 1.2
1.    IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah                               :  SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                    :  VII/satu
Alokasi Waktu                      :  8 x 40 menit (4 x pertemuan)
2.    STANDAR KOMPETENSI :   
1.   Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

2.    KOMPETENSI DASAR :
1.2  Menjelaskan hakikat dan arti penting hukum bagi warga negara

3.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
  • Menjelaskan pengertian hukum dengan penuh percaya diri
  • Menjelaskan pengertian hukum menurut pendapat ahli hukum dengan penuh percaya diri
  • Menjelaskan pembagian hukum menurut sifat,bentuk dan isinya dengan penuh percaya diri
  • Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara dengan penuh percaya diri
  • Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu Negara dengan penuh percaya diri
  • Menunjukan kepatuhan terhadap hukum dalam klehidupan sehari-hari

4.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
1.   Siswa dapat menjelaskan pengertian hukum.
2.   Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum menurut sifatnya.
3.   Siswa dapat menjelaskan  pembagian hukum menurut bentuknya.
4.   Siswa dapat menjelaskan pembagian hukum menurut  isinya.
5.   Siswa dapat menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara.
6.   Siswa dapat menjelaskan tujuan dan fungsi ditetapkannya hukum dalam suatu negara.

Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·      Percaya diri,mandiri,demokratis,patuh pada aturan-aturan sosial komuikatif

5.    MATERI PELAJARAN

  1. Pengertian dan Ruang Lingkup Hukum
Hukum Petunjuk hidup (perintah-perintah dan larangan – larangan) yang mengatur tata tertib dalam masyarakat yang seharusnya ditaati oleh seluruh anggota masyarakat. Oleh karena itu pelanggaran petunjuk hidup tersebut dapat menimbulkan tindakan oleh pemerintah/penguasa
  1. Tujuan Hukum
  2. Pembagian Hukum

6.    METODE PEMBELAJARAN
    Ceramah bervariasi, diskusi, telaah buku, dan penugasan.

7.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1

Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Kegiatan Inti Kajian Pustaka
1)     Eksplorasi
§  Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya pengertian pengertian hukum dikaitkan  dengan perilaku manusia dalam hidup bermasyarakat. dengan penuh percaya diri
§  Memberikan kesempatan untuk menggali informasi melalui media pelajaran, mengakses internet, membaca koran, dan sumber lainnya.
2)    Elaborasi
§  Membagi siswa menjadi  8 kelompok agar kreatif, saling menghargai
§  Masing-masing kelompok diberikan tugas untuk  menelaah penggolongan hukum menurut fungsinya, bentuknya, serta  hukum menurut isinya melalui kajian pustaka.
§  Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan   hasil  telaahannya secara mandiri
§  Kelompok lain diminta untuk menanggapi presentasi tersebut.
3)    Konfirmasi
§  Guru bertanya jawab tentang pemahaman pembagian hukum.
§  Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup :
·      Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·      Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·      Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.



2. Pertemuan II
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
1.     Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
2.     Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan  Inti
1)    Eksplorasi
§ Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya pembagian hukum menurut bentuknya
§     Memberikan kesempatan untuk menggali informasi melalui media pelajaran, mengakses internet, membaca koran, dan sumber lainnya.
2)    Elaborasi
§ Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil diskusinya secara kritis
§ Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut dengan saling menghargai
§ Guru mempasilitasi guru materi yang telah didiskusikan oleh  masing-masing kelompok secara jujur dan tanggung jawab
3)    Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup :
·   Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·   Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·   Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·   Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.


  1. Pertemuan III dan IV
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Kegiatan  Inti
1)    Eksplorasi
§ Guru menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara percaya diri
2)    Elaborasi
§ Menjelaskan secara logis pelaksanaan diskusi kelompok
§ Setiap kelompok mempersiapkan laporan hasil pengamatan secara jujur di sekolah tentang  pelanggaran terhadap  tata tertib sekolah oleh siswa.
§ Masing-masing kelompok diberikan kesempatan untuk mempresentasikan hasil pengamatannya dengan penuh tanggung jawab
§ Kelompok lain menanggapi presentasi tersebut dengan saling menghargai
§ Menjelaskan Disiplin dampak pelanggaran terhadap tata tertib sekolah .
3)    Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup :
·   Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·   Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·   Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·   Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok



11.  SUMBER BELAJAR
Buku teks, contoh UU,PP, atau Perda, artikel/berita di media massa,  dan lain-lain
Buku Sekolah Elektronik Bse PKn Kelas VII
A.T Sugeng Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto, Cholisin, Muchson A.R

12.  PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat

Indikator pencapaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen soal
·      Menjelaskan pengertian hukum dengan penuh percaya diri
·      Menjelaskan pengertian hukum menurut pendapat ahli hokum dengan penuh percaya diri
·      Menjelaskan pembagian hukum menurut sifat,bentuk dan isinya dengan penuh percaya diri
·      Menjelaskan pentingnya norma hukum dalam kehidupan bernegara dengan penuh percaya diri
·   Menjelaskan tujuan ditetapkannya hukum dalam suatu Negara dengan penuh percaya diri
·   Menunjukan kepatuhan terhadap hukum dalam klehidupan sehari-hari
Tes Tertulis



















Tes Tertulis













Pilihan ganda




















Uraian













Berilah tanda silang (x) pada jawaban yang tepat!
1.   Tujuan dari hukum adalah…
          a.        Keseimbangan
          b.        Keselarasan
           c.        Ketertiban
          d.        kepastian
2.   hokum yang sedang berlaku pada suatu Negara dan waktu tertentu adalah…
          a.        ius constituendum
          b.        ius soli
           c.        ius sanguinus
          d.        ius constitutum
3.   hokum yang di cita-citakan oleh bangsa Indonesia adalah…
          a.        hukum nasional
          b.        system hokum nasional
           c.        sub system hokum nasional
          d.        sub hokum nasional

Jawablah pertanyaan berikut ini dengan tepat!
3.     Jelaskan pengertian hukum!
4.     Mengapa masyarakat memerlukan hukum?
5.     Jelaskan pembagian hukum menurut:
a.     sifatnya
b.     bentuknya
c.     isinya
6.     Jelaskan tujuan ditetapkan hukum dalam kehidupan bernegara!
7.     Jelaskan fungsi hukum dalam kehidupan bernegara!
8.     Jelaskan 3 ciri bahwa negara Indonesia adalah negara hukum

Mengetahui,
Kepala SMP ................




                ...........................                                        








.
Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn



              IIM ABDUROHIM, S.Pd
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 1.3
1.    IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah                               :  SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                    :  VII/satu
Alokasi Waktu                      :  6 x 40 menit (3 x pertemuan)
2.    STANDAR KOMPETENSI :   
1. Menunjukkan sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
3.    KOMPETENSI DASAR :
1.3. Menerapkan norma-norma, kebiasaan-kebiasaan, adat istiadat,                                                     dan peraturan yang berlaku dalam kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, dan bernegara.

4.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
·         memberikan contoh penerapan norma kebiasaan,adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat dengan menghargai rasa toleransi
·         menganalisis akibat yang akan timbul bila tidak menerapkan norma,kebiasaan,adat istiadat yang berlaku secara mandiri dan bertanggung jawab

5.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
1.     memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan di sekolah antara siswa dengan personel sekolah, antarsesama siswa;
2.     memberikan contoh penerapan norma kesopanan dalam kehidupan keluarga;
3.     mendeskripsikan  penerapan norma di lingkungan sekolah;
4.     memberikan contoh akibat jika melanggar norma dalam kehidupan  masyarakat;
5.     melaksanakan norma di sekolah.

Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·         Menghargai keberagamaan,mandiri,patuh pada aturan-aturan social,toleransitanggung jawab,komunikatif

6.    MATERI PELAJARAN

MENERAPKAN NORMA-NORMA, KEBIASAAN, ADAT ISTIADAT DAN PERATURAN YANG BERLAKU DALAM KEHIDUPAN BERMASYARAKAT, BERBANGSA DAN BERNEGARA

Penerapan norma-norma kebiasaan, adat istiadat dan peraturan yang berlaku itu pada dasarnya berkaitan dengan penggunaan hak dan pemenuhan kewajiban antara lain :
1.     Hak dan kewajiban di Rumah
2.     Hak dan Kewajiban di  Sekolah
3.     Hak dan Kewajiban di Masyarakat
4.     Hak dan Kewajiban sebagai warga Negara

7.    METODE PEMBELAJARAN
Analisis kasus
Diskusi

8.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
·         Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
·         Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1)     Eksplorasi
§ Memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengungkapkan pendapatnya menjelaskan pentingnya sikap positif terhadap norma-norma yang berlaku dimasyarakat dengan penuh percaya diri
§ Memberikan kesempatan untuk menggali informasi melalui media pelajaran, mengakses internet, membaca koran, dan sumber lainnya.
2)    Elaborasi
§ Memberikan tugas menulis tentang norma-norma yang berlaku di lingkungannya sebagai rasa cinta ilmu
§ Diskusi Kelompok tentang norma-norma dan adat istiadat yang berlaku di masyarakat menumbukan rasa percaya diri
3)    Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup :
·   Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·   Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·   Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·   Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.




9.    SUMBER BELAJAR
Buku teks, contoh norma,Tokoh agama, tokoh adat, Ketua RT/RW,Orang tua
Buku Sekolah Elektronik Bse PKn Kelas VII
A.T Sugeng Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto, Cholisin, Muchson A.R





10.  PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat

Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·   memberikan contoh penerapan norma kebiasaan,adat istiadat yang berlaku dalam masyarakat dengan menghargai rasa toleransi
·   menganalisis akibat yang akan timbul bila tidak menerapkan norma,kebiasaan,adat istiadat yang berlaku secara mandiri dan bertanggung jawab



Tes Tertulis









Tes Tertulis


Pilihan Ganda










Uraian





1.   Dea berusaha untuk hormat kepada orang yang lebih tua.perilaku Dea merupakan pelaksanaan dari norma…
           a.        Agama
           b.        Kesopanan
           c.        Kesusilaan
           d.        Hokum
2.   Menyebrang jalan melalui zebra cross sebaiknya dilakukan karena…
           a.        Ingin dipuji
           b.        Takut
           c.        Sesuia dengan aturan yang berlaku
           d.        terpaksa
copyright 2011, aprizadisc#
Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!
1.   Tuliskan masing-masing satu contoh hak dan kewajiban kalian dirumah,disekolah,masyarakat dan Negara…
2.   Tuliskan salah satu hokum yang kalian pernah baca di media cetak(surat kabar,jurnal,majalah,dll)atau kalian lihat di media elektronik ( TV,internet,dll)…














Mengetahui,
Kepala SMP ................




                ...........................

.
Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn



              IIM ABDUROHIM, S.Pd















RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 2.1
1.    IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah                               :  ..........................................
Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                    :  VII/satu
Alokasi Waktu                      : 4 x 40menit (2 x pertemuan)
2.    STANDAR KOMPETENSI :   
2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
3.    KOMPETENSI DASAR :
2.1. Menjelaskan makna proklamasi kemerdekaan.

4.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
·         Menguraikan perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
·         Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
·         Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
5.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.     Menjelaskan secara singkat perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan.
2.     Menjelaskan makna pentingnya kemerdekaan bagi bangsa Indonesia.
3.     Mendeskripsikaan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan.

Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·         Rasa nasionalisme,mandiri,demokratis dan bertanggung jawab

6.    MATERI PELAJARAN

MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN
Proklamasi Kemerdekaan yang dikumandangkan oleh Soekarno – Hatta memiliki makna bahwa bangsa Indonesia telah menyatakan kepada dunia luar (bangsa-bangsa yang ada di dunia) maupun kepada bangsa Indonesia sendiri  bahwa sejak saat itu Bangsa Indonesia telah  Merdeka.
Pernyataan kepada dunia luar juga untuk menunjukan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu sudah merdeka dan berdaulat, sehingga wajib dihormati oleh Negara-negara lain secara layak sebagai basa dan Negara lain secara layak sebagai banga dan Negara yang mempunyai kedudukan yang sama den derajat serta hak dan kewajiban yang sama dengan bangsa-bangsa lain.

7.    METODE PEMBELAJARAN
Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan.

8.    KEGIATAN PEMBELAJARAN

Pertemuan I

Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
·         Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
·         Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1)    Eksplorasi
§ Guru menjelaskan pentingnya perjuangan bangsa Indonesia menjelang detik-detik proklamasi kemerdekaan dengan penuh percaya diri
2)    Elaborasi
§ Memberikan tugas menulis tentang peristiwa detik-detik proklamasikemerdekaan sebagai rasa cinta ilmu
§ Membagi siswa menjadi 8 kelompok, masing-masing terdiri atas 5 orang.
§ Dengan saling menghargai masing-masing kelompok mendiskusikan masalah tentang  peristiwa sekitar proklamasi dan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia
§ Kerjasama dalam kelompok menyajikan hasil diskusinya dengan penuh percaya diri
3)    Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup :
·   Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·   Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·   Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·   Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.



PERTEMUAN 2
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
·         Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
·         Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
KegiatanInti
1)    Eksplorasi
§ Guru menjelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
2)    Elaborasi
§ Penjelasan tentang skenario pembelajaran yang akan dilaksanakan, dilanjutkan dengan pembagian kelompok (menjadi 5 kelompok).
§ Dengan saling menghargai masing-masing kelompok mendiskusikan masalah  yang berkaitan dengan pewarisan semangat peroklamasi kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
§ Setiap kelompok memperesentasikan hasil diskusinya, sementara itu kelompok lain menanggapi dengan saling menghargai
3)    Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup :
·   Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·   Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·   Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·   Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.




1.    SUMBER BELAJAR
Buku teks, artikel dll
Buku sekolah elektronik BSE PKn Kelas VII
A.T sugeng priyanto,Djaenudin Harun,Anang priyanto,Cholisin,Muchhson A.R
2.    PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat

Indikator pencapaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·      Menguraikan perjuangan bangsa Indo nesia dalam mencapai kemerdekaan dengan rasa nasionalisme
·      Menjelaskan arti kemerdekaan bagi suatu bangsa
·      Menunjukkan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan dengan rasa nasionalisme

Tes lisan


Tes Tertulis



















Tes Tertulis



Daftar pertanya-an

Pilihan ganda



















Uraian


1.   Berikut ini merupakan contoh positif terhadap makna proklamasi  kemerdekaan…
          a.  Menunggu printah dari Negara untuk menyerang Negara musuh
          b.  Menjadi pengemis ntuk menyambung hidup
           c.  Belajar giat guna memajukan pendidikan bangsa
          d.  Berani menantang kebijakan yang lebih populis
2.   Makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia adalah…
          a.  Untuk menjalin hubungan yang akra di antara suku-suku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air
          b.  Dorongan dan rangsangan bangsa Indonesia untuk mengisi dan mempertahankan kemerdekaan
           c.  Untuk menunjukan kepada dunia luar bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka dan berdaulat
          d.  Perwujudan adanya bangsa baru dengan Negara baru
Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!
1.  Jelaskan pentingnya pewarisan semangat proklamasi kemerdekaan. 

2.  Uraikanlah makna proklamasi kemerdekaan bagi bangsa Indonesia

Test sikap
Berikan tanggapan kalian dengan menjawab angket berikut ini,dengan memberi tanda silang (X) pada kolom yang sesuai dengan kehendak kalian.


No.
Pertanyaan
SS
S
N
TS
STS
Alasan
  1.  
Kita wajib menjaga keutuhan wilayah negara republik Indonesia






  1.  
Kita wajib menghargai dan toleransi atas perbedaan
Keyakinan dan agama sesama bangsa Indonesia sebagai perwujudan nilai-nilai demokrasi






  1.  
Setiap warganegara wajib membeli negara tanpa kecuali






  1.  
Kewajibann seluruh siswa sebagai warganegara Indonesia adalah belajar giat untuk mencapai cita-cita























Mengetahui,
Kepala SMP ................




                ...........................

.
Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn



              IIM ABDUROHIM, S.Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 2.2
1.    IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah                               :  SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                    :  VII/satu
Alokasi Waktu                      :  4 x 40 menit (2 x pertemuan)
2.    STANDAR KOMPETENSI :   
2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
3.    KOMPETENSI DASAR :
2.2. Mendeskripsikan suasana kebatinan konstitusi pertama.

4.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI : copyright 2011, aprizadisc#
·      Mengjelaskan suasana sidang PPKI  tanggal 18-8-1945 secara mandiri
·      Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 secara mandiri
·      Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945 secara mandiri
5.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1. menjelaskan dengan singkat suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945;
2. menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945;
3. menguraikan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945.

Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·      Mandiri,demokratis,dan bertanggung jawab

6.    MATERI PELAJARAN

MENDESKRIPSIKAN SUASANA KEBATINAN KONSTITUSI PERTAMA
Undang – undang Dasar 1945 sebagai Konstitusi pertama bangsa Indonesia di dalamnya terdiri dari tiga bagian, yaitu Bagian Pembukaan, Bagian Batang Tubuh, dan Bagian Penutup
BAGIAN PEMBUKAAN UUD 1945
Merupakan suasana kebatinan dari UUD 1945 (Kinstitusi Pertama), dikarenakan didalamnya terkandung Empat Pokok Pikiran yang pada hakikatnya merupakan penjelmaan asas kerohanian Negara yaitu Pancasila
BAGIAN BATANG TUBUH UUD 1945  (16 BAB 37 Pasal)
Memuat pasal-pasal yang menciptakan pokok-pokok pikiran yang terkandung dalam pembukaan UUD 1945. Pokok-pokok pikiran meliputi suasana kebatinan dari Undang-Undang Dasar Negara Indonesia. Pokok-pokok pikiran tersebut mewujudkan cita-cita h0kum yang menguasai hukum dasar Negara, baik hukum yang tertulis maupun hukum tidak tertulis.


BAGIAN PENUTUP

Bagian Penutup UUD 1945 terdiri dari Aturan Peralihan yang terdiri dari empat pasal dan Aturan Tambahan yang terdiri dari dua Ayat. Bagian Penutup ini merupakan aturan dasar untuk mengatasi kekosongan hokum yang ada bagi suatu Negara baru dengan pemerintah baru. Dengan demikian kehidupan awal bernegara akan dapat berjalan dengan baik.

7.    METODE PEMBELAJARAN
Tanya jawab, diskusi, analisis, penugasan

8.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I

Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
·         Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
·         Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan  Inti
1)  Eksplorasi
§ Guru menjelaskan pentingnya suasana sidang BPUPKI tanggal 18 Agustus 1945 secara mandiri
2)  Elaborasi
§ Kajian pustaka dengan menelaah berbagai sumber belajar (buku, artikel, naskah pidato) tentang suasana sidang BPUPKI tahun 1945 dan pokok-pokok pikiran Pembukaan UUD 1945 sebagai rasa cinta ilmu
§ Melakukan simulasi yang menggambarkan suasana sidang BPUPKI , hasil sidang, dan pokok pikiran pembukaan UUD 1945 dengan penuh percaya diri
§ Saling menghargai dalam mendiskusikan bagaimana jalannya simulasi yang telah dilakukan dan memberikan laporan tertulis dengan tanggung jawab
3)  Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan
Penutup :
·   Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·   Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·   Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·   Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.




Pertemuan 2
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
·         Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
·         Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang

   Kegiatan  Inti
1)  Eksplorasi
§ Guru menjelaskan pentingnya menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 secara mandiri
2)  Elaborasi
§ Memberikan tugas menulis secara logis  tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945 sebagai cinta ilmu
§ Siswa secara kreatif diberikan kesempatan berpikir tentang hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945.
3)  Konfirmasi
§ Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diktahui siswa
§ Siswa mengerjakan tugas-tugas individu.
Penutup :
·   Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·   Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·   Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·   Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.




9.    SUMBER BELAJAR
Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan
Buku sekolah elektronik BSE PKn Kelas VII
A.T sugeng priyanto,Djaenudin Harun,Anang priyanto,Cholisin,Muchhson A.R

10.  PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
Indikator pencapaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen

·   Menjelaskan suasana sidang PPKI  tanggal 18-8-1945 secara mandiri
·   Menguraikan hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18-8-1945 secara mandiri
·   Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945 secara mandiri

Tes Tertulis



















Tes Tertulis
Pilihan ganda




















 Uraian

1.   Proklamasi kemerdekaan RI memiliki arti penting sebagai ….
a. pangkal  pelaksanaan pembangunan
   disegala bidang
b. titik puncak perjuangan bangsa
   Indonesia melawan penjajahan
c.akhir menangani suatu masalah
   bangsa Indonesia
d.akhir pelaksanaan hukum
   internasional
2.   Sila keberapa yang di permasalhkan dalam sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945
Pernyataan :
1. pembentukan MPR
2. menetapkan Pancasila dan UUD 1945
3. menetapkan  Presiden dan wakil presiden
4. pembentukan KNIP
Dari pernyataan di atas   hasil  sidang  PPKI 18 Agustus 1945  ditunjukkan nomor ….
a. 1, 2  dan  3    c. 1, 3 dan 4
b. 1, 2  dan  4    d. 2, 3 dan 4
Jawablah pertanyaan ini dengan tepat!
3.   Jelaskan bagaimana gambaran suasana sidang BPUPKI!
4.   Uraikan bagaimana hasil-hasil sidang PPKI tanggal 18 Agustus 1945!
5.   Apa yang di maksud dengan suasana kebatinan UUD 1945 ?


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 2.3
1.    IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah                               :  SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                    :  VII/satu
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 menit (2 x pertemuan)
2.    STANDAR KOMPETENSI :   
2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
3.    KOMPETENSI DASAR :
2.3. Menganalisis hubungan proklamasi dengan UUD 1945.

4.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
·         Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama secara mandiri
·         Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia dengan penuh rasa cinta kepada tanah air
·         Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945 dengan penuh percaya diri
5.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat :
1.     menjelaskan hubungan Proklamasi dengan Pembukaan UUD 1945;
2.     menjelaskan hubungan Proklamasi dengan pasal-pasal UUD 1945;
3.     menguraikan makna setiap alinea dalam Pembukaan UUD 1945.


Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
·         Mandiri,berpikir logis,kritis,kreatif,dan inovatif

6.    MATERI PELAJARAN

Proklamasi Kemerdekaan mempunyai hubungan yang erat, tidak dapat dipisahkan dan merupakan satu kesatuan dengan UUD 1945 terutama bagian Pembukaan UUD 1945. Proklamasi Kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945 merupakan suatu kesatuan yang bulat. Apa yang terkandung dalam Pembukaan UUD 1945 merupakan suatu amanat yang luhur dan suci dari Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945



7.    METODE PEMBELAJARAN
·                  Ceramah bervariasi dan diskusi.

8.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I

Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
·         Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
·         Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan  Inti
1)  Eksplorasi
·       Menjelaskan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama secara mandiri
·       Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia dengan penuh rasa cinta kepada tanah air
·       Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945 dengan penuh percaya diri
2)  Elaborasi
§  Melakukan kajian pustaka dengan menelaah hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945 serta menelaah makna alinea Pembukaan UUD 1945.
§  Memberikan tugas menulis secara logis  tentang makna proklamasi dan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945 dengan penuh percaya diri
§  Membagi siswa menjadi 3 kelompok,
Kelompok 1 Mendiskusikan L :
sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama secara mandiri
Kelompok 2:
makna proklamasi bagi bangsa Indonesia dengan penuh rasa cinta kepada tanah air
Kelompok 3 :
·      hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945 dengan penuh percaya diri
3)  Konfirmasi
§  Guru melakukan klarifikasi atas materi yang dibahas.
Penutup :
·      Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·      Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·      Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·      Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.





9.    SUMBER BELAJAR
Buku Paket, Buku Pengayaan, UUD 1945 pasca perubahan
Dokumenta si berupa poto-poto sidang PPKI
Buku sekolah elektronik BSE PKn Kelas VII
A.T sugeng priyanto,Djaenudin Harun,Anang priyanto,Cholisin,Muchhson A.R

10.  PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat
Indikator pencapaian
Teknik
penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen
·   Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama secara mandiri
·   Menjelaskan makna proklamasi bagi bangsa Indonesia dengan penuh rasa cinta kepada tanah air
·   Menjelaskan hubungan antara proklamasi dengan UUD 1945 dengan penuh percaya diri

Tes Tertulis






















Tes Tertulis
 Pilihan ganda





















Uraian

1.     Contoh sikap positif terhadap nilai-nilai konstitusi pertama adalah…
a.                   Menjunjung tinggi hokum yang berlaku
b.   Berjuang melawan kebijakan pemerintah untuk kepentingan partai
c.   Mendukung perjuangan menentang lawan dengan kekerasan
d.   Bertanding demi ketenaran dan imbala hadiah
2.     Makna proklamasi kemerdekaan Indonesia bagi bangsa lain adalah…
a.   Bahwa bangsa Indonesia adalah bangsa yang merdeka yang mempunyai kedudukan dan hak yang sama dengan bangsa-bangsa lain.
b.   Untuk menunjukan bahwa bangsa Indonesia sejak saat itu sudah merdeka dan berdaulat
c.   Menjalin hubungan yang akrab diantara suku-suku bangsa yang ada di seluruh pelosok tanah air
d.   PerwujudaN adanya bangsa baru dengan Negara baru yang mempunyai tanggung jawab yang berat dalam mencapai cita-cita kemerdekaan
Jelaskan hubungan proklamasi kemerdekaan dengan Pembukaan UUD 1945   
Jelaskan makna Pembukaan UUD 1945 alinea ketiga!
Jelaskan hubungan antara Proklamasi dan Pembukaan UUD 1945!




Mengetahui,
Kepala SMP ................




                ...........................


.
Banjaran, Juli 2012
Guru Mapel Pkn



              IIM ABDUROHIM, S.Pd







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KD : 2.4
1.    IDENTITAS MATA PELAJARAN
Sekolah                               :  SMPN 1 BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA
Mata Pelajaran                     :  Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/Semester                    :  VII/satu
Alokasi Waktu                      :  2 x 40 menit (2 x pertemuan)
2.    STANDAR KOMPETENSI :   
2. Mendeskripskan makna proklamasi kemerdekaan dan konstitusi pertama.
3.    KOMPETENSI DASAR :
2.4. Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi  kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama.
4.    INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI :
Memahami dan dapat menjelaskan nilai-nilai yang terkandung ......
·         Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama sebagai cinta tanah air

5.    TUJUAN PEMBELAJARAN
Pertemuan 1:
Setelah selesai proses pembelajaran, diharapkan siswa dapat:
1.menunjukkan sikap positif terhadap perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan;
2. menunjukkan sikap positif terhadap pentingnya kemerdekaan;

Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
Cinta tanah air

Pertemuan 2:
Setelah pembelajaran ini selesai siswa diharapkan dapat:
  1. menunjukkan sikap positif terhadap pewarisan nilai-nilai ‘45 (semangat perjuangannya);
  2. Menunjukkan sikap positif dalam mengisi kemerdekaan.

Nilai-Nilai PBKB yang terkandung dengan Kompetensi Dasar diatas sebagai berikut :
Cinta tanah air

6.    MATERI PELAJARAN

SIKAP POSITIF TERHADAP MAKNA PROKLAMASI KEMERDEKAAN DAN SUASANA KEBATINAN KONSTITUSI PERTAMA
Sikap positif berarti sikap yang mendukung terhadap sesuatu. Sikap positif bukan berarti sikap penurut, namun lebih dari pada itu yaitu kreatif, kritis, mandiri dan berani membela kebenaran serta menjungjung tinggi prinsip-prinsip, asas-asas dan tujuan yang disepakati bersama. Oleh karenanya sikap positif terhadap makna Proklamasi Kemerdekaan dan suasana kebatinan konstitusi pertama adalah kreatif, kritis mandiri, berani membela kebenaran dan menjungjung tinggi prinsip-prinsip, asas serta tujuan hidup bernegara sebagimana telah dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan dan aas kerohanian Pancasila serta nilai-nilai yang terkandung dalam UUD 1945.

7.    METODE PEMBELAJARAN
Ceramah bervariasi dan penugasan.

8.    KEGIATAN PEMBELAJARAN
Pertemuan I
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
·         Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
·         Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan Inti
1)  Eksplorasi
§ Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang perjuangan yang dilakukan para pahlawan untuk mencapai kemerdekaan.
2)  Elaborasi
§ Secara kreatif  diberikan tugas individual kepada siswa untuk membuat karangan dengan tema makna proklamasi bagi kehidupan masyarakat sebagai cinta ilmu
§ Dengan saling menghargai beberapa siswa diberi kesempatan untuk membacakan karangannya, siswa lain menanggapi dengan penuh tanggung jawab
3)  Konfirmasi
§ Guru memberikan klarifikasi.
§ Guru meminta beberapa siswa untuk memberikan penilaian terhadap makna kemerdekaan yang dirasakannya sebagi wujud cinta tanah air.
Penutup :
·   Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·   Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·   Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·   Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.



Pertemuan 2
Tahap Pembelajaran
Terlaksana
Ya
Tidak
Pendahuluan
·         Mengkondisikan siswa untuk menerima pelajaran
·         Menghubungkan materi pelajaran lalu dengan pelajaran sekarang
Kegiatan  Inti
1)  Eksplorasi
§ Guru menjelaskan kembali secara singkat tentang nilai-nilai ‘45 dan hubungannya dengan kehidupan masa kini dengan penuh percaya diri
2)  Elaborasi
§ Guru membagi siswa dalam 8 kelompok.
§ Dengan saling menghargai tiap kelompok mendiskusikan pentingnya pewarisan nilai-nilai ‘45 dalam mengisi kemerdekaan.
§ Hasil kerjasama diskusi beberapa kelompok mempresentasikan hasil diskusi.
§ Kelompok lain menanggapi.
3)  Konfirmasi
§ Guru memberikan klarifikasi
Penutup :
·   Secara mandiri menunjuk salah seorang nomor urut siswa untuk merefleksi tentang materi yang telah dibahas bersama.
·   Dengan percaya diri menyimpulkan materi untuk memantapkan pemahanan siswa.
·   Tindak lanjut (penugasan untuk minggu depan) :
·   Kerjasama mengerjakan latihan pada LKS secara bekelompok.




9.    SUMBER BELAJAR
Buku Sekolah Elektronik Bse PKn Kelas VII
A.T Sugeng Priyanto, Djaenudin Harun, Anang Priyanto, Cholisin, Muchson A.R


10.  PENILAIAN HASIL BELAJAR
Bentuk tes tertulis: pilihan ganda dan uraian singkat

Indikator pencapaian
Teknik
 penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen

·   Menunjukkan sikap positif terhadap makna proklamasi kemerdekaan dan suasana sidang UUD pertama sebagai wujud cinta tanah air

Penilaian diri

























Penilaian antar teman


Quesioner


























Lembar penilaian antar teman


Petunjuk!
Berilah tanda cek (V) pada kolom yang sesuai dengan pendapat kalian!

NO

PERNYA-TAAN
YA
TDK
1
Proklamasi membawa kebe basan bagi bangsa Indonesia


2
Di negara yang merdeka setiap warga negara bebas melakukan apa saja


3
Pada saat proklamasi kemerdekaan dibacakan tanggal 17-8-1945 bangsa Indonesia belum mempunyai presiden


3
UUD 1945 petrtama kali berlaku setelah ditetapkan oleh PPKI


4
Penetapan UUD 1945 oleh PPKI melanggar UUD 1945


5



Keterangan:
Ya= sependapat dengan pernyataan  ( skor 1, jika pernyataan positif, dan skor 0 jika pernyataan negatif)
Tdk=tidak sependapat dengan pernyataan ( skor 0, jika pernyataan positif dan skor 1 jika pernyataan negatif)

Penialain perilaku melalui pengamatan  ( Instrumen terlampir ).





              Alhamdulillah Jangan lupa untuk ucapan terimakasihnya karena sudah mengkopi paste!


































               













Tidak ada komentar:

Posting Komentar