akibatnya... ketika mobil kita mau dipake... ehhhhh ketika dinyalakan mesin tidak mau hidup!!
jengkel banget mana mobil mau dipake untuk hal penting ehhh malah mogok... yang membuat kesel sihhh karena ga tau soal mesin mobil ... maklum lah hanya bisa pake doang heheh
tapi menurut cerita orang siihhh kalo mobil ga dinyalain dalam waktu lama maka aki tidak ngecharge ahirnya setrumnya berkurang sehingga tidak mampu untuk di starter!
akhirnya gw copot itu aki ,,, di bawa ke begkel aki untuk di charge/ cas / disetrum 2 jam an lah ... biayanya Rp.10.000 ditambah isi air aki Rp.2000. Alhamdulillah deeh ternyata mobil bisa idup kembali...
Bagi
Anda yang belum mengerti akan otomotif ada baiknya anda sedikit belajar
otomotif.gak kaya gw heee Sebelum mobil dikendarai, sebaiknya mesin harus dipanaskan
terlebih dahulu. Memanaskan mesin mobil tidak terlalu lama, cukup dengan
2-3 menit atau tidak lebih dari 5 menit sudah cukup. katanya seeeHHH!!!
Biasanya
cukup ditandai dengan jarum temperatur yang menunjukkan posisi. Namun
yang penting, banyak manfaat yang diperoleh dengan memanaskan mesin
secara rutin. Memanaskan mesin pun harus dilakukan setiap hari, walaupun
mobil tidak dijalankan. Pengertian dari memanaskan mesin adalah bukan
sekedar membuat mesin menjadi panas, tapi melakukan pelumasan oli
terhadap mesin kendaraan. belajar otomotif.
Manfaat Memanaskan Mesin:
1.
Mencegah Keausan. Bila mesin tidak beroperasi dalam waktu yang agak
lama, biasanya oli berada di panci oli. Itulah sebabnya pemanasan pada
akhirnya membantu mencegah keausan mesin. Sebab dengan pemanasan, Anda
memberi kesempatan pada oli untuk bergerak dari panci oli dan masuk
kembali ke bagian mesin yang perlu dilumasi.
2.
Mengurangi Kebocoran Kompresi. Ada bagian-bagian komponen mesin yang
berada pada temperatur tinggi, ada bagian-bagian tertentu yang memang
tidak dibuat presisi. Para disainer sengaja menciptakan celah. Dan celah
ini secara otomatis akan berkurang (menjadi presisi) ketika
komponen-komponen tersebut terkena suhu tinggi (memuai). Ini yang
kemudian akan mengurangi kebocoran kompresi. Karena apabila kebocoran
kompresi terjadi, maka tekanan pada mesin akan menurun. Akibatnya,
temperatur mesin tidak mampu membakar campuran bahan bakar dan udara
dengan sempurna. Efeknya tenaga dihasilkan tidak optimal.
3.
Membuat Proses Pembakaran Sempurna. Pembakaran yang tidak sempurna
bukan hanya mengakibatkan tenaga mesin kurang optimal. Tapi juga membuat
mesin lebih boros bahan bakar. Hal ini karena kondisi mesin masih
dingin, sehingga suplai bahan bakar harus lebih besar agar tetap terjadi
pembakaran yang sempurna.
4.
Selain itu, pemanasan dapat mencegah kerusakan akibat timbulnya karat
jika tidak dipakai dalam waktu yang cukup lama. belajar otomotif.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar