"hobby to income"

selamat datang di blog ini semoga sajiannya bermanfaat,,, saran dan kritik sangat diharapkan!!!

Minggu, 06 Mei 2012

CARA MENGETAHUI PH AIR KOLAM LELE, KOI DLL

Kertas Pengukur PH Air. Sangat berguna bagi Pembudidaya Ikan seperti Budidaya Ikan Lele. Kalau yang saya tahu, Harga Kertas Indikator PH bisa dibeli di Toko Peralatan Laboratorium atau di Toko Farmasi Obat-Obatan. harganya sekitaran 150.000,- (Seratus Lima puluh ribu rupiah) untuk 100 lembar kertas per Box. 
Caranya juga sangat mudah memakainya, ambil 1 lembar kertas indikator PH, masukkan ke kolam, nanti kertas akan berubah warnanya sesuai kandungan PH nya. Cocokkan warna tersebut dgn Standar PH menurut warna sesuai petunjuk di labelnya. Mudah bukan?
Pembudidaya ikan seharusnya punya Kertas Indikator PH ini. Silahkan mencoba. Salam Sukses. (Adhie - Lam-Community Development).

Merck:/topic/images/food/fea_hk_content.jpg
"Mengapa ujian universitas saya tak semudah uji pH dari Merck?"
Cho Li X., mahasiswi
Riset atau industri? Cho tak yakin mana yang harus ia pilih ketika ia lulus. Mana pun yang ia pilih, sudah pasti ia akan menemukan test strip dan kertas pH kami menanti di meja - sama seperti yang ia lakukan di kuliah. Bahkan setelah empat puluh tahun, tak ada cara yang lebih baik untuk menentukan nilai pH dengan mudah dan cepat.
pH berperan sangat penting dalam biokimia, kimia dan teknologi, oleh karena pengaruhnya yang sangat besar dalam proses-proses kimia. Hasil-hasil dari metode analisis dipengaruhi oleh pH pelarut atau larutan penyangga (buffer). Pengukuran dapat dilakukan dengan pH meter atau dengan uji cepat, seperti kertas indikator pH atau strip danlarutan indikator pH (campuran indikator pH). Keuntungan terbesar dari uji cepat dari Merck adalah bahwa metode penentuan ini dapat digunakan secara langsung di tempat tanpa membutuhkan kelengkapan lainnya atau preparasi sampel. Hasilnya akan diperoleh dengan cepat! Keakuratan yang tinggi dari hasil yang diperoleh memungkinkan Anda untuk melakukan tindakan yang diperlukan dengan segera, baik pada analisis lingkungan atau sektor industri sebagai bagian dari kontrol dalam-proses (in-process controls).

Analisis dalam beberapa detik!
 

Keuntungan-keuntungan Uji pH dari Merck:
  • Pengukuran pH dengan cepat secara langsung di lapangan
  • Standar yang berkualitas tinggi karena menggunakan material referensi primer dari NIST dan PTB
  • Kalibrasi dan pemeriksaan dengan menggunakan larutan buffer yang disertifikasi
  • Hasil yang ekspresif untuk analisis lingkungan dan kontrol dalam-proses

Kertas Indikator pH - Solusi Klasik!

ph_tests_ph_indicator_papers_ptp.jpgkertas indikator pH yang tersedia dalam bentuk gulungan lebih cocok untuk penyimpanan dalam jangka waktu lama, karena terlindung dari pengaruh eksternal seperti kelembapan, cahaya, dan gas asam dan basa.
Kertas indikator pH dibuat dengan mengimpregnasi kertas filter berkualitas tinggi dengan indikator atau larutan indikator campuran. Setelahnya, kertas dikeringkan, dipotong dan dikemas menjadi ukuran yang sesuai.

Strip Indikator pH – Indikator yang serbaguna

ph_tests_ph_indicator_strips_ptp.jpg
Strip indikator mengandung pewarna indikator khusus yang terikat secara kovalen ke selulosa pada kertas reagen.





Fitur-fitur karakteristik strip indikator pH dari Merck:
  • Tidak ada rembesan dari bahan indikator
  • Pengukuran pH yang lebih cepat dan lebih reliabel dengan Kotak SafetyEdge
  • Tidak ada kontaminasi dari medium yang diselidiki
  • Dapat ditempatkan dalam medium uji dengan baik
  • Keakuratan yang tinggi, meskipun dengan larutan penyangga yang lemah
  • Perbedaan warna yang jelas di antara rentang individu pH
  • Reproduksi warna reaksi yang tepat berkat tinta cetak berbahan dasar pernis
  • Pita plastik yang panjang dan stabil melindungi jari-jari penggunanya
  • Pengukuran juga memungkinkan dalam cairan sedikit berwarna dan keruh

Larutan indikator pH – Untuk aplikasi khusus

ph_tests_ph_indicator_solutions_ptp.jpgSaat indikator pH yang cair digunakan, jika memungkinkan, larutan uji harus tak berwarna dan bening. Ketika sampel memiliki sedikit warna intrinsik, test kit termasuk komparator geser (sliding comparator) dapat digunakan untuk mengkompensasikan warna instrinsik ini. Pada banyak kasus, larutan yang sangat keruh dan/atau berwarna dapat dijadikan tidak berwarna dan jernih untuk pengukuran dengan cara filtrasi atau diberi perlakuan dengan karbon aktif.


Mengukur pH dengan cairan indikator dari Merck menawarkan keuntungan-keuntungan berikut:
  • Pengukuran cepat, karena tidak perlu menunggu hingga tercapai kesetimbangan
  • Pengukuran dengan tingkat keakuratan yang tinggi
  • Penentuan pH yang mudah berkat gradasi warna yang mudah dibedakan
  • Sesuai untuk pengukuran pada sampel air minum, air boiler, air limbah, air permukaan, air akuarium, air kolam renang dan sampel tanah
  • Stabil, minimal selama 2 tahun jika disimpan pada suhu antara 10-25°C
  • Terdapat dalam kemasan blister (blister pack), karton atau botol plastik, dan termasuk semua aksesoris yang dibutuhkan
==================================================================

Artikel ke-2. Diambil dari www.gerbangpertanian.com

JUMAT, 25 MARET 2011

MENGUKUR pH TANAH DENGAN KERTAS LAKMUS/ pH INDIKATOR


ph indikatorKali ini Gerbang Pertanian akan membagikan tips bagaimana cara sederhana dan mudah mengukur pH tanah menggunakan kertas lakmus atau pH indikator. Ini adalah cara yang biasa digunakan para petani bukan untuk tujuan penelitian dalam bidang ilmu tanah. Yach karena Gerbang Pertanianditulis memang untuk para petani, dan penjelasannyapun menggunakan bahasa petani yang cenderung sederhana.
Pengukuran pH tanah bisa dilakukan dengan beberapa cara yaitu dengan kertas lakmus, pH indikator dan pH meter. Pengukuran yang paling akurat adalah menggunakan pH meter, namun sayang alat tersebut sangatlah mahal sehingga kurang terjangkau bagi kita para petani kecil. Oleh karena itu kita hanya akan membahas cara menggunakan kertas lakmus atau pH indikator yang harganya sangat terjangkau oleh kantong kita.
Langsung praktek aja ya,
Alat dan Bahan:
  1. Kertas lakmus atau pH indikator
  2. Air aqua
  3. Gelas aqua
  4. Sendok teh
  5. Sampel tanah (cara mengambil sample tanah: ambil tanah kering dari empat ujung dan tengah-tengah lahan kita, campurkan secara merata, jemur beberapa jam supaya kering. Ini bertujuan agar tanah yang akan diukur pHnya merupakan bagian yang rata dari lahan kita)
Cara pengukuran:
  1. Ambil sedikit sample tanah dan air aqua dengan perbandingan 1 : 1,
  2. Masukkan dalam gelas aqua
  3. Aduk-aduk hingga benar-benar homogen (merata)
  4. Biarkan beberapa menit hingga campuran air dan tanah tadi memisah (tanahnya mengendap)
  5. Setelah airnya terlihat agak jernih masukkan ujung kertas lakmus atau pH Indikator kedalam campuran tadi (sekitas 1 menit) tetapi jangan sampai mengenai tanahnya.
  6. Tunggu beberapa saat sampai kertas lakmus atau pH indikator berubah warnanya.
  7. Setelah warnanya stabil, cocokkan warna yang diperoleh oleh kertas lakmus atau pH indikator tadi dengan bagan warna petunjuknya.
  8. Kita akan segera tahu pH tanah kita berapa.
Sangat mudah bukan?
Seperti kita ketahui bersama pH tanah sangatlah penting dalam ilmu pertanian karena pH tanah akan menentukan kesuburan suatu tanaman. Kenapa demikian ? Karena pH tanah sangat menentukan bisa atau tidak suatu unsur hara dalam tanah diserap oleh akar tanaman.
pH adalah tingakat keasaman atau kebasa-an suatu benda yang diukur dengan menggunakan skala pH antara 0 hingga 14. Sifat asam mempunyai pH antara 0 hingga 7 dan sifat basa mempunyai nilai pH 7 hingga 14. Sebagai contoh, jus jeruk dan air aki mempunyai pH antara 0 hingga 7, sedangkan air laut dan cairan pemutih mempunyai sifat basa (yang juga di sebut sebagai alkaline) dengan nilai pH 7 – 14. Air murni adalah netral atau mempunyai nilai pH 7.
Biasanya jika pH tanah semakin tinggi maka unsur hara akan semakin sulit diserap tanaman, demikian juga sebaliknya jika terlalu rendah akar juga akan kesulitan menyerap makanannya yang berada dalam tanah. Akar tanaman akan mudah menyerap unsur hara atau pupuk yang kita berikan jika pH dalam tanah sedang-sedang saja (cenderung netral).
Jika pH larutan tanah meningkat hingga di atas 5,5; Nitrogen (dalam bentuk nitrat) menjadi tersedia bagi tanaman. Di sisi lain Pospor akan tersedia bagi tanaman pada Ph antara 6,0 hingga 7,0.
Beberapa bakteri membantu tanaman mendapatkan N dengan mengubah N di atmosfer menjadi bentuk N yang dapat digunakan oleh tanaman. Bakteri ini hidup di dalam nodule akar tanaman legume (seperti alfalfa dan kedelai) dan berfungsi secara baik bilamana tanaman dimana bakteri tersebut hidup tumbuh pada tanah dengan kisaran pH yang sesuai.
Sebagai contoh kedelai tumbuh dengan baik pada tanah dengan kisaran pH 6,0 hingga 7,0. Kacang tanah tumbuh dengan baik pada tanah dengan pH 5,3 hingga 6,6. Banyak tanaman termasuk sayuran, bunga dan semak-semak serta buah-buahan tergantung dengan pH dan ketersediaan tanah yang mengandung nutrisi yang cukup.
Jika larutan tanah terlalu masam, tanaman tidak dapat memanfaatkan N, P, K dan zat hara lain yang mereka butuhkan. Pada tanah masam, tanaman mempunyai kemungkinan yang besar untuk teracuni logam berat yang pada akhirnya dapat mati karena keracunan tersebut.
Demikian sekelumit tips dari Gerbang Pertanian tentang bagaimana cara mengukur pH tanah menggunakan kertas lakmus atau pH meter, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semua. Dan harapan saya tentunya akan bisa lebih meningkatkan hasil pertanian dari para petani kita.

1 komentar:

  1. dimanakah saya bisa mendapatkan kertas lakmus ? mengingat di kota kami msh sangat sedikit toko kimia apalagi toko farmasi...dimanakah lokasi tempat membelinya yg dekat dgn Jombang Jawa timur??? terimakasih

    BalasHapus